Mengenal Aplikasi Dasar Presentasi

APLIKASI DASAR PRESENTASI




Hai blog welcome back to my guys. Kembali lagi di blog aku yang super keren ini hehehe. Apa kabar kalian semua? Semoga dalam kondisi sehat walafiat yaa. Nah di blog aku kali ini aku akan memberikan sedikit informasi tentang “Apa itu aplikasi dasar Presentasi?”. Berikut penjelasan tentang aplikasi dasar Presentasi:

 

1. Pengertian aplikasi dasar Presentasi

              Perangkat lunak presentasi adalah perangkat lunak komputer yang digunakan untuk membuat file presentasi. Karena presentasi memiliki fungsi untuk mengungkapkan ide, maka alat yang digunakan untuk presentasi harus memiliki tampilan yang menarik. Perangkat lunak / aplikasi Presentation File Maker dapat menggabungkan objek unik seperti foto, video, dan suara.

Fasilitas-fasilitas dari program presentasi dari aplikasi dasar presentasi ini yaitu:

·   menambah dan mengurangi teks dalam sebuah frame layout perentasi yang terdiri dari frame-frame terpisah.

·   Di dalam aplikasi dasar presentasi ini terdapat template yang berupa cetakan-cetakan presentasi yang siap dipakai.

·   Efek perpindahan antar slide.

·   Melihat presentasi dengan layer penuh (full screen).

 


2. Fungsi aplikasi dasar Presentasi

            Dalam pengertian perangkat lunak presentasi, jelas sekali bahwa fungsi dasar perangkat lunak adalah untuk membuat file presentasi. Namun selain fungsi dasar tersebut, perangkat lunak presentasi juga memiliki fungsi berikut:

·     Membuat slide presentasi untuk pengajaran, bisnis dan seminar.

·     Menambahkan fungsi audio, video, gambar dan animasi ke dalam presentasi untuk membuat presentasi lebih menarik dan hidup.

·     Permudah penyaji untuk mengatur dan mencetak slide.

·     Peragakan dalam bentuk soft copy agar dapat disimpan dan ditampilkan di layar monitor.

 


3. Macam – macam aplikasi dasar Presentasi

Terlalu banyak vendor teknologi yang membangun perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi. Namun setiap software yang dikembangkan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah jenis perangkat lunak presentasi beserta kelebihan dan kekurangannya:

 

a)      Microsoft Office Power Point



      PowerPoint merupakan aplikasi presentasi paling populer yang digunakan oleh banyak pengguna. PowerPoint memiliki fungsi yang lengkap, yang memungkinkan pengguna membuat presentasi dengan mudah. Oleh karena itu, PowerPoint memiliki nilai yang lebih besar. PowerPoint sendiri dikembangkan oleh Microsoft. Sejauh ini, versi PowerPoint adalah 2010. Versi ini sedikit berbeda dengan versi 2003 sebelumnya. Jika Anda terbiasa dengan versi 2003, Anda akan sedikit bingung untuk beralih ke versi 2007/2010.

Kelebihan:

·     Penyajian Power point sangat menarik karena warna, huruf dan animasi, dapat dimainkan sesuai selera.

·     Aplikasi ini merupakan easy user, karna fitur – fiturnya mudah di akses oleh pengguna

·     Dapat diperbanyak sesuai kebutuhan.

·     Dapat dipakai secara berulang kali.


Kekurangan:

·     Karena memiliki banyak versi, Format file versi terbaru tidak dapat di edit di versi sebelumnya, kecuali apabila format file diganti terlebih dahulu seperti file terdahulunya.

·     Harga software yang cukup mahal. Di Indonesia, software ini sangat terkenal meskipun ditaksir dengan harga mahal. Hal itu karena masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan software bajakan.


b)      iWork KeyNote 



     Aplikasi presentasi yang disediakan oleh Apple ini hanya dapat berjalan di lingkungan di Mac OS dengan banyak fitur yang sesuai. iWork KeyNote terlihat cantik dan mudah digunakan. Fungsi utama yang didukung oleh aplikasi ini adalah animasi yang sangat indah dan lengkap, yang dapat diekspor ke berbagai ekstensi, mendukung file Microsoft Office, dan dapat dengan mudah membuat DVD presentasi.

 

Kelebihan:

·       Sampulnya benar-benar berbeda, mengagumkan dan mudah digunakan.

·       Meskipun merupakan produk dari Apple, software ini men-support file-file dari microsoft office.

·       Efek dan transisi yang ditawarkan lebih baik dan memiliki fitur yang lebih lengkap daripada power point.


Kekurangan:

·       Format yang dihasilkan hanya bisa dibaca oleh produk-produk Apple.

·       Format keynote ini bisa diubah ke file dengan format .ppt milik power point. Namun, segala efek dan transisi dramatis pada Keynote akan hilang.

·       Karena merupakan produk bawaan dari Apple, maka untuk menggunakannya kalian harus membeli Mac yang tentunya memiliki harga yang tidak murah.

 

c)       Libre Office Impress



Libre office adalah software demonstrasi yang dikembangkan oleh SUN Microsystem dalam bahasa Java. Perangkat lunak ini mendukung lintas platform, yang berarti dapat berjalan di berbagai OS (sistem operasi). Software tersebut terkenal karena merupakan software demo gratis, namun fungsinya tidak kalah dengan software lain. Memiliki tidak kurang dari fungsi Microsoft Office.

 

Kelebihan:

·       Merupakan Software Open Source, atau software gratisan.

·       Kompatibel dengan Microsoft Office dan format-format lainnya.

·       Ekspor format ke PDF atau format lain mudah.

·       Tampilannya menarik dan mudah digunakan.


Kekurangan:

·       “Rakus” dengan daya komputer, perlu komputer RAM besar untuk menampungnya.

·       Seperti Keynote, Format yang dihasilkan bisa di ubah ke format .ppt. Namun, tampilannya jadi berantakan.

 

d)      Visme



Visme lebih dari sekedar perangkat lunak presentasi biasa. Visme dapat memberikan informasi, melihat data, laporan, iklan produk dan resume. Visme juga menyediakan template yang dapat digunakan di perangkat lunak.

 

Kelebihan:

·       Memiliki Fitur-fitur yang sangat lengkap seperti infografis, visualisasi data, laporan, demo produk, dan resume.

·       Tampilan slide presentasi yang elegan.


Kekurangan:

·       Harga Software ini sangat mahal, Tetapi memang sebanding dengan fitur-fitur yang ditawarkan.

 


Nah itu dia informasi mengenai “Aplikasi dasar Presentasi” yang aku ketahui. Semoga informasi yang telah aku berikan dapat menjadi referensi untuk kalian. Jika adanya kesalahan ataupun kekurangan dalam informasi tersebut mohon di maafkan dan di koreksi. Sekian dulu dari aku, jangan lupa jaga kesehatan dan juga kebersihan, selalu mengikuti protokol kesehatan walaupun sekarang dalam keadaan new normal. Nantikan terus blog – blog aku berikutnya yaa and always be the best of the best, byeee!!


 

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengenal Aplikasi Dasar Presentasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.