Mengetahui Aplikasi Spreadsheet

 

SPREADSHEET




Hai blog welcome back to my guys. Kembali lagi di blog aku yang super keren ini hehehe. Apa kabar kalian semua? Semoga dalam kondisi sehat walafiat yaa. Nah di blog aku kali ini aku akan memberikan sedikit informasi tentang “Apa itu aplikasi Spreadsheet?”. Berikut penjelasan tentang aplikasi Spreadsheet:

 

1.     Pengertian Spreadsheet


       Spreadsheet adalah program komputer yang digunakan untuk menyimpan, menampilkan, dan memproses data dalam baris dan kolom. Baris biasanya menggunakan label numerik 1, 2, 3, dan seterusnya. Pada saat yang sama, kolom menggunakan label huruf, seperti A, B, C, dll. Pengolahan data di spreadsheet disimpan di dalam sel. Penamaan sel sesuai dengan penggunaan label di kolom dan baris yang digunakan, seperti A1, A2, A3, dll.

 

    Pengertian spreadsheet sendiri adalah tabel dalam komputer, yang berisi baris dan kolom yang dapat digunakan untuk mengolah dan mengatur data Pertemuan antara baris dan kolom disebut satu kesatuan(sel). Setiap sel dalam spreadsheet terkait erat dan saling terkait. Oleh karena itu, jika hanya satu sel yang diubah, sel lain juga berubah.

 

    Pemrosesan digital adalah arti dari spreadsheet itu sendiri, karena spreadsheet digunakan untuk mengolah angka-angka yang terdapat di dalam sel. Sel ini berisi nilai numerik, rumus, dan teks alfanumerik.

 

 

2.     Fungsi Spreadsheet

 

Fungsi utama dari software spreadsheet tentunya untuk memudahkan pengolahan setiap data berupa angka. Adapun fungsi dari “Spreadsheet” sebagai berikut antara lain:

 

·       Membantu pekerjaan dibidang ilmiah.

·       Membantu pekerjaan dibidang bisnis.

·       Membantu pekerjaan dibidang pembuatan statistic.

·       Pembuatan tabel data.

·       Pengolahan angka untuk perhitungan sebuah data “basis data” dan juga grafik.

·       Membantu pekerjaan dibidang perencanaan.

·       Pengelolaan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database dan lain sebagainya.

·       Membantu pembuatan lembar kerja.

 

 

3.     Contoh Aplikasi Spreadsheet

 

Secara jelas aplikasi spreadsheet memiliki berbagai jenis atau contoh aplikasi diantaranya sebagai berikut:

 

·       Microsoft Excel




Pastinya Sebagian dari pengguna spreadsheet sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Microsoft Excel yang merupakan besutan dari perusahaan IT Microsoft Corporation. Microsoft excel ini adalah salah satu aplikasi spreadsheet yang paling banyak digunakan sampai pada saat ini, karena Microsoft Excel mempunyai banyak sekali fitur yang dapat digunakan, sehingga lebih menarik bagi para pengguna terutama pengguna pemula. Aplikasi ini memudahkan pengguna karna tampilannya yang sederhana, memiliki jumlah kolom dan baris yang banyak yaitu 1.084.576 baris dan 16.384 kolom, formula yang jumlahnya cukup banyak, bahkan saat ini Microsoft Excel sudah ada di android dan ios pada smartphone.

 

·       Abacus 


Aplikasi ini dimulai melalui mahasiswa dari Universitas IST Portugal yang sedang melakukan praktek kerja lapangan yang dibimbing oleh Prof.Arlindo Oliveira. Keuntungan dari aplikasi ini memiliki ruang penyimpanan yang sangat kecil dan tentunya mudah digunakan untuk pengguna pemula.

 

·       Lotus 123

 


Lotus 123 ini adalah aplikasi berutan dengan IBM yang dikeluarkan bersama paket aplikasi lainnya yang bernama Lotus SmartSuite. Kelebihan Lotus 123 ini memiliki fungsi yang compatible dengan aplikasi Microsoft Excel, dam memiliki fungsi SmartLabel yang memudahkan penggunaan rumus serta memiliki jumlah baris dengan 65.536 baris.

 

 

 Nah itu dia informasi mengenai “Aplikasi Spreadsheet” yang aku ketahui. Semoga informasi yang telah aku berikan dapat menjadi referensi untuk kalian. Jika adanya kesalahan ataupun kekurangan dalam informasi tersebut mohon di maafkan dan di koreksi. Sekian dulu dari aku, jangan lupa jaga kesehatan dan juga kebersihan, selalu mengikuti protokol kesehatan walaupun sekarang dalam keadaan new normal. Nantikan terus blog – blog aku berikutnya yaa and always be the best of the best, byeee!! 

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengetahui Aplikasi Spreadsheet
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.