Mengenal Jaringan Pada Komputer

 

JARINGAN KOMPUTER




Hai blog welcome back to my guys. Kembali lagi di blog yang super duper keren ini hehehe. Apakabar kalian semua? Semoga selalu sehat yaa. Jadi di blog aku ini aku akan memberikan seputar informasi tentang jaringan komputer. “Apa sih jaringan computer itu?”, berikut penjelasannya.


1. Pengertian Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah sebuah system yang terdiri dari dua atau lebih yang saling terhubung dari satu perangkat ke perangkat lainnya melalui media transmisi ataupun media komunikasi yang dapat saling berbagi data, aplikasi dan juga berbagi perangkat keras komputer. Jaringan komputer juga disebut sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi satu atau lebih perangkat yang saling terhubung. Tujuan dari jaringan komputer ini agar informasi dan data yang dikirim dapat sampai kepada yang menerita data tersebut dengan mudah, tepat dan juga akurat.


2. Jenis Jaringan komputer

Pada umumnya jaringan komputer memiliki fungsi sebagai client dan server. Dari fungsi tersebut jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua jenis, sebagai berikut:

A. Client-server

Client server disebut sebagai jaringan antar komputer yang didedikasi khusus sebagai server berupa sebuah layanan yang diberikan oleh satu atau lebih perangkat komputer. Contohnya pada domain seperti www.youtube.com dan domain lainnya. Contoh lain seperti server jtk.polban.ac.id yang berupa mail server, web server dan lain-lainnya.

B. Peer-to-peer

Peer to peer ini disebut sebagai host yang dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya file sharing antara komputer di jaringan windows network yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya.


3. Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer tentunya memiliki manfaat yang dapat dengan mudah dirasakan oleh penggunanya. Berikut beberapa manfaat jaringan pada komputer:

Konektivitas
Jaringan komputer dapat membantu orang terhubung dengan orang lain dari satu negara ke negara lainnya sehingga jaringan komputer dapat berguna sebagai konektivitas atar manusia.

Efisiensi transfer dat
Bermanfaat sebagai tempat melalukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien. Data yang dikirim akan cepat sampai dan juga sangat aman.

Kemudahan akses informasi
Pengguna dapat mengakses berita atau informasi dengan mudah melalui internet yang dimana memiliki banyak sekali informasi.

Kemudahan berbagai file
Pengguna bisa mengakses file yang dimiliki dan juga file milik orang lain yang telah disebarluaskan melalui jaringan, contohnya melalui internet.

4. Jenis Jaringan Komputer

Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah Gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

5. Topologi Jaringan Komputer

Topologi merupakan suatu pola hubungan antara terminal dalam jaringan komputer. Pola ini sangat erat kaitannya dengan metode access dan media pengiriman yang digunakan. Topologi yang ada sangatlah tergantung dengan letak geografis dari masing-masing terminal, kualitas kontrol yang dibutuhkan dalam komunikasi ataupun penyampaian pesan, serta kecepatan dari pengiriman data. Adapun tropology fisik yang umum digunakan dalam membangun sebuah jaringan sebagai berikut:

Point to Point (Titik ke-Titik).

Jaringan kerja titik ketitik merupakan jaringan kerja yang paling sederhana tetapi dapat digunakan secara luas. Begitu sederhananya jaringan ini, sehingga seringkali tidak dianggap sebagai suatu jaringan tetapi hanya merupakan komunikasi biasa.

Star Network (Jaringan Bintang).

Model jaringan bintang ini relative sangat sederhana, sehingga banyak digunakan oleh pihak per-bank-kan yang biasanya mempunyai banyak kantor cabang yang tersebar diberbagai lokasi. Dengan adanya konfigurasi bintang ini, maka segala macam kegiatan yang ada di-kantor cabang dapatlah dikontrol dan dikoordinasikan dengan baik. Disamping itu, dunia Pendidikan juga banyak memanfaatkan jaringan bintang ini guna mengontrol kegiatan anak didik mereka.

Ring Network (Jaringan Cincin).

Pada jaringan ini terdapat beberapa peralatan saling dihubungkan satu dengan lainnya dan pada akhirnya akan membentuk bagan seperti halnya sebuah cincin. Dalam menyampaikan data, jaringan bisa bergerak dalam satu ataupun dua arah.
Walaupun demikian, data yang ada tetap bergerak satu arah dalam satu saat. Apabila ditemui kegagalan, misalnya terdapat kerusakan pada peralatan yang ada, maka data yang ada akan dikirim dengan cara kedua, yaitu pesan kemudian ditransmisikan dalam arah yang berlawanan, dan pada akhirnya bisa berakhir pada tempat yang dituju. Konfigurasi semacam ini relative lebih mahal apabila dibanding dengan konfigurasi jaringan bintang.

Tree Network (Jaringan Pohon).

Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul . Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada node-7.
Adapun kelemahannya adalah, apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif.

Bus Network.

Konfigurasi lainnya dikenal dengan istilah bus-network, yang cocok digunakan untuk daerah yang tidak terlalu luas. Setiap komputer dapat berkomunikasi langsung dengan komputer ataupun peralatan lainnya yang terdapat didalam network, dengan kata lain, semua simpul mempunyai kedudukan yang sama.
Setiap simpul yang ada memiliki address atau alam sendiri. Sehingga untuk meng-access data dari salah satu simpul, user atau pemakai cukup menyebutkan alamat dari simpul yang dimaksud.

Plex Network (Jaringan Kombinasi).

Merupakan jaringan yang benar-benar interactive, dimana setiap simpul mempunyai kemampuan untuk meng-access secara langsung tidak hanya terhadap komputer, tetapi juga dengan peralatan ataupun simpul yang lain. Secara umum, jaringan ini mempunyai bentuk mirip dengan jaringan bintang. Organisasi data yang ada menggunakan de-sentralisasi, sedang untuk melakukan perawatan, digunakan fasilitas sentralisasi.


Tropologi pada umumnya juga terbagi menjadi dua tipe, yaitu:

Tropologi Broadcast
Secara sederhana dapat digambarkan yaitu suatu host yang mengirimkan data kepada seluruh host lain pada media jaringan.

Tropologi Token Passing
Mengatur pengiriman data pada host melalui media dengan menggunakan token yang secara teratur berputar pada seluruh host. Host hanya dapat mengirimkan data hanya jika host tersebut memiliki token. Dengan token ini, collision dapat dicegah.


Nah itu dia informasi dari aku tentang “Apa itu Jaringan Komputer?”. Semoga informasi yang telah aku berikan dapat menjadi referensi untuk kalian. Jika adanya kesalahan ataupun kekurangan mohon di maafkan dan di koreksi. Sekian dulu dari aku, jangan lupa jaga kesehatan apalagi di massa pandemi ini. Nantikan blog-blog aku lainnya and always be the best of the best, byeeee!!






Bagikan

Jangan lewatkan

Mengenal Jaringan Pada Komputer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.