Mengenal Komponen Brainware


BRAINWARE



        Hai guys!! Gimana kabarnya? Semoga tetap baik-baik aja yaa. Welcome back to my blog, semoga kalian ga bosan sama postingan blog aku. Nah di blog aku kali ini, aku bakal sedikit menjelaskan tentang “Apa itu Brainware?”.

1.      Pengertian Brainware

              Brainware adalah orang yang mengoperasikan perangkat komputer, yang dimana manusia merupakan subjek teknologi komputer. Brainware juga dikenal sebagai alat intelektual yang menggunakan dan mengeksplorasi kemampuan perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software). Peran dari brainware ini sangat penting dan tidak dapat dilepaskan dari perangkat keras maupun perangkat lunak, karena perangkat keras komputer tidak dapat berjalan tanpa perangkat lunak sedangkan jika tanpa brainware maka perangkat lunak dan perangkat keras tidak dapat digunakan atau tidak dapat beroperasi sama sekali. Oleh karna itu ketiga komponen ini sangat saling berkegantungan dan saling melengkapi.


2.      Fungsi Brainware

Brainware tentunya memiliki beberapa fungsi. Berikut beberapa fungsi umum dari brainware, sebagai berikut:


·       Berfungsi sebagai programmer yang membuat program dalam sebuah system komputer dan juga berperan sebagai kelompok penjaga keamanan system komputer tersebut.


·       Berfungsi sebagai administrator yang memiliki daya tarik dan kemampuan mengelola system operasi sekaligus program yang berjalan di komputer maupun jaringan di dalam perusahaan dan juga bertanggung jawab terhadap system database perusahaan untuk mengatur, mengelola, dan menyimpan arsip penting perusahaan.


·       Berfungsi sebagai operator yang menjalankan system operasi dan program di perangkat komputer yang dimana dapat memelihara system operasi komputer, menyiapkan data yang akan di akses, dan lain-lain.



3.      Jenis – jenis Brainware

 

Brainware terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut beberapa jenis – jenis dari brainware, sebagai berikut:

 

·     Programer

 

Seseorang yang memiliki kemampuan untuk menguasai satu atau lebih bahasa komputer atau bahasa pemprograman. Fungsi dari programmer ini yaitu untuk membuat ataupun mempersiapkan program yang dapat mendukung system komputer yang akan dirancang maupun yang telah dirancang. Programer ini juga merukapan peranan penting jika terjadi pembajakan pada database perusahaan.

 

·       Operator

 

Seseorang yang memilliki kemampuan untuk menjalankan sebuah system operasi ataupun program di sebuah komputer. Contohnya dalam membuat dokumen pada software Microsoft word, mengedit dan menyimpan data tersebut, dan lain sebagainya.

 

·       Teknisi

 

Orang yang memiliki kemampuan untuk memelihara dan memperbaiki berbagai jenis masalah yang sering terjadi pada sebuah komputer. Pada umumnya teknisi komputer memiliki pemahaman yang luas tentang troubleshooting dan masalah lain yang berhubungan dengan peralatan komputer.

 

·       Konsultan

 

Orang yang memiliki pengetahuan di bidang komputerisasi, namun tidak memiliki peran untuk mengelola secara langsung hanya berperan sebagai penasihat yang dapat diandalakan. Komponen ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan atau firma untuk mencari solusi terkait dalam pengeloaan system informasi tetap dan juga meminimalkan terjadinya data yang tidak dikelola dengan baik.

 

·       Pelatih/Trainer

 

Seseorang yang memiliki pengalamam dengan bertanggung jawab untuk memberi Pendidikan kepada orang lain sesuai dengan bidang yang di tekuni.

 

·       Project manager


Komponen ini biasa dikenal sebagai supervisor. Komponen ini sangat berperan penting dalam bentuk kontrol  atau pengawasan yang dipimpin oleh seorang manajer proyek.

 

·       Grafis desainer


Orang yang memiliki pengetahuan ataupun keterampilan dibidang desain grafis untuk membuat objek animasi.

 

·       System analis


Orang yang bertanggung jawab atas perencanaan dan penelitian dalam memilih software yang kebutuhannya tergantung pada organisasi bisnis maupun perusahaan dan harus memiliki keterampilan manajerial, teknis, analitis, dan juga interpersonal.

 

·       Spesialis jaringan


Seseorang atau sekelompok orang yang memiliki pengalaman dalam bidang jaringan komputer dan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan langsung dengan jaringan pada komputer.

 

·       Database administrator


            Personal yang memiliki pengetahuan atas pengoperasian perangkat komputer dan juga bertanggung jawab atas basis data, organisasi dan lain – lain.


4.       Komponen Brainware

 

Secara umum brainware dibagi menjadi 2 komponen yang bertanggung jawab pada pengoperasian dan mengatur semua elemen komputer. Berikut beberapa komponen yang ada pada brainware, sebagai berikut:

 

a.       Hardware Engineer

 

Komponen ini merupakan personal atau sekelompok orang yang memiliki pengetahuan dan pengalamam khusus pada bidang perangkat keras komputer dan juga bertanggung jawab pada pembuatan perangkat keras suapaya nantinya mereka menghasilkan produk baru yang lebih baik dari produk sebelumnya.

 

b.       Software Engineer

 

Komponen ini adalah personal atau sekelompok orang yang mahir di bidang perangkat lunak (software) pada komputer dan mereka bertanggung jawab pada rancangan pengembangan Teknik baru pada bidang piranti lunak komputer.


5.       Contoh Brainware

 

            Berikut merupakan contoh – contoh dari brainware, yaitu:

 

·       Netter

 

Netter adalah pengguna internet yang menjelah internet untuk mencari informasi dan membantu pekerjaan yang dilakukan perorangan ataupun sekelompok menggunakan software internet information seperti google dengan menggunakan kata kunci tertentu.

 

·       EDP Departemen (Entry Data Processing)

 

EDP Departemen ini merupakan penggunaan metode otomatis yang digunakan untuk mengolah data bisnis disuatu perusahaan atau firma.

 

·       Network System

 

Network system atau sistem jaringan adalah system operasi yang bertujuan untuk mengelola jaringan pada komputer yang terdiri dari banyak layanan yang dirancang untuk memberikan layanan kepada pengguna komputer.


Nah itu dia informasi dari aku tentang “Apa itu Brainware?”. Semoga informasi yang telah aku berikan dapat menjadi referensi untuk kalian. Jika adanya kesalahan ataupun kekurangan mohon di maafkan dan di koreksi. Sekian dulu dari aku, jangan lupa jaga kesehatan apalagi di massa pandemi ini. Nantikan blog-blog aku lainnya and always be the best of the best, byeeee!!

 

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengenal Komponen Brainware
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.