Mengenal Komponen Software


 

SOFTWARE






    Hai guys!! Apa kabar? Semoga baik-baik aja yaa. Nah Kembali lagi di blog aku, disini aku akan membahas sendikit tentang “Apa itu Software?”. Mungkin bagi kalian yang ngerti atau tidak tentang komputer udah gak asing sama yang namanya Software. Apa sih sebenarnya Software itu?.



1. Pengertian Sofware


    Software (perangkat lunak) merupakan  kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya ataupun catatan bagi mesin computer untuk menyimpan perintah dan dokumen serta arsip lainnya. Software berupa data yang diprogram dan disimpan secara digital dan tidak berwujud yang berada di dalam komputer. Ada juga yang menyebut perangkat yang berisi kumpulan data-data elektronik yang berupa program atau instruksi yang disimpan dan dikelola oleh komputer.


2. Fungsi Software

   

    Sofware tentunya memiliki banyak sekali fungsi, diantaranya:


     Mengatur perangkat keras untuk bekerja secara simultan.

     Menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer yang dapat dibagi menjadi sistem 

        operasi atau sistem pendukung.

     Berperan dalam penghubung antara perangkat lunak dengan hardware.

     Mengatur berbagai hardware untuk bekerja secara bersama-sama.

     Penafsir setiap perintah software lain ke dalam Bahasa program, agar dapar diterima oleh

        hardware.

     Mengidentifikasi program.



3. Jenis Software

        

    Adapun jenis-jenis dari Software sebagai berikut:


     Sistem Operasi


        Sistem operasi (Operating System/OS) merupakan software yang pertama kali harus di instal pada komputer. OS berfungsi sebagai perangkat yang mengelola hardware dan software yang ada pada computer dan juga sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Contoh OS antara lain: DOS, Windows, Macintosh, Linux dll.



     Program Aplikasi


        Aplikasi atau program ini dibuat untuk tujuan tertentu yang mempermudah pekerjaan manusia terutama di komputer. Berikut beberapa macam program aplikasi:


 1. Pengolah kata

        Digunakan untuk membuat berbagai macam dokumen. Contoh aplikasi antara lain: Microsoft Word, Open Office Org. Writer dll.


 2. Pengolah presentasi

        Digunakan untuk membuat sebuah presentasi. Contoh aplikasi antara lain: Microsoft Power Point, Open Office Org. Impress, Macromedia Flash MX dll.


 3. Pengolah angka

        Digunakan untuk mengolah angka dalam bentuk tabel maupun grafik. Contoh aplikasi antara lain: Microsoft Excel, Open Office Org. Calc, Lotus dll.


 4. Pengolah gambar

        Digunakan untuk mengolah gambar foto maupun video. Contoh aplikasi antara lain: Corel Draw, Adobe Potoshop, Filmora dll.



     Bahasa Pemograman


    Program yang digunakan untuk membuat aplikasi sering disebut sebagai programmer. Jenis-jenis Bahasa program berupa Bahasa Assembly, Bahasa Fortran dan Bahasa Generasi Keempat.




4. Macam Software

        

    Software terdiri dari beberapa macam, yaitu:


     Program Aplikasi (Aplication Software)


    Suatu program yang telah dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu. Contohnya Word Processing/Processor (pengolah kata), Program Database, Program Spreadsheet, Program CAD (Computer Aided Design), Program Layout Artikel (publisher).



     Word Processing/Processor (pengolah kata)


    Salah satu program yang mengoperasikan text. Contohnya Wordstar Professional, Word Perfect, Chiwriter, Microsoft Word, Word Star.



     Program Database


    Program aplikasi yang merancang serta mengelola data base. Contohnya Dbase, Foxpro, dan Microsoft Acces.



     Program Spreadsheet


    Program yang membantu dibidang perhitungan secara otomatis. Contohnya Lotus 123, Microsoft Excel, Quatro, Supercheck.



     Program CAD (Computer Aided Design)


    Salah satu program media lukis pada komputer. Contohnya Auto CAD, Pro Design, Corel Draw, Adobe Photoshop.



     Program Layout Artikel (Publisher)


    Program yang mengatur tata letak obyek pada cover media elektronik. Contohnya Page Maker, Ventura, Harvard Publisher, Newmaster.



        Nah itu dia hal-hal yang aku ketahui tentang Software. Semoga informasi yang aku berikan bermanfaat untuk kalian walaupun materi yang aku berikan kurang lengkap. Sekian dulu dari aku, jangan lupa jaga kesehatan apalagi di massa pandemi ini. Nantikan blog-blog aku lainnya and always be the best of the best, byeeee!!


Bagikan

Jangan lewatkan

Mengenal Komponen Software
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.