Mengenal Sistem Operasi Pada Komputer

 

SISTEM OPERASI PADA KOMPUTER






Hi blog welcome back to my guys. Kembali lagi di blog aku yang super keren ini hehehe. By the way, apa kabar kalian semua? Semoga pada sehat-sehat yaa. Nah jadi di blog aku kali ini aku akan memberikan beberapa informasi tentang system operasi yang ada pada komputer. Berikut pembahasan seputar “Sistem Operasi Komputer”.

 


1.        Pengertian Sistem Operasi Komputer

 

Setiap media teknologi mempunyai yang namanya sistem operasi mulai dari komputer, smartphone, fitur modern pada kendaraan, dalan teknologi lainnya. Sistem Operasi atau disingkat OS adalah sistem software yang melakukan dan bertanggung jawab dalam mengontrol manajemen sebuah perangkat keras (Hardware) dan merupakan fungsi dasar sistem yang ada di sebuah perangkat komputer. Dengan kata lain OS merupakan sistem yang mengendalikan operasi dasar pada sistem dalam komputer agar dapat berjalan dengan semestinya. Secara umum, OS adalah software pertama yang di instal pada memori perangkat komputer setelah proses booting. Tanpa adanya sistem operasi, sebuah komputer hanya akan menyala namun tidak bisa diberi perintah yang beragam oleh user.

 

 

2.        Fungsi Sistem Operasi Komputer

 

Sistem operasi tentunya memiliki banyak fungsi penting karna tanpa adanya sistem operasi maka sebuah perangkat komputer tidak dapat menjalankan fungsi dengan sepenuhnya. Berikut merupakan beberapa fungsi dari sistem operasi, yaitu:

 

·       Menjalankan operasi dasar

    Fungsi ini adalah fungsi utama dari sistem operasi. Sistem ini dinilai sebagai komponen wajib yang mendasari kinerja perangkat lunak dan lainnya.

 

·       Mengatur kerja hardware dan software

    Sistem operasi merupakan Resource Manager, atau berfungsi sebagai pengontrol fungsi perangkat keras (hardware) seperti CPU, memori, harddisk, dan perangkat keras lainnya. Berfungsi juga sebagai pengatur fungsi program software agar dapat terhubung dengan perangkat keras tersebut.

 

·       Menyajikan tampilan

    Tampilan yang ada pada sebuah komputer maupun smartphone meruakan hasil dari pengoperasian sistem operasi yang dimana sistem operasi ini memudahkan aplikasi berjalan sekaligus menampilkannya pada layar monitor kompuer dan menterjemahkan Bahasa program yang berasal dari CPU kemudian menampilkannya berupa teks, gambar, dan tampilan lain yang mudah di mengerti oleh user

 

·       Mengoptimalkan fungsi dari perangkat komputer

    Contohnya dalam hal waktu berfungsinya CPU, mengatur timing yang digunakan untuk koneksi dalam terminal jaringan komputer, dan pemanggilan data pada memori harddisk atau softdisk.

 

·       Mengkoordinasi kinerja perangkat komputer

    Sistem operasi dapat mengkoordinasi hal – hal yang ada di dalam komputer trutama Menyusun program yang bersifat kompleks menjadi sederhana dan teratur sehingga memudahkan suatu aplikasi agar dapat bekerja dengan baik.

 

 

3.             Cara Kerja Sistem Operasi Komputer




Pada intinya sistem operasi ini merupakan sistem yang berada pada lapisan pertama dimana memori harddisk diletakkan. Cara kerja dari sistem operasi ini berawal dari user yang akan memerintah sebuah aplikasi software dan kemudian akan di kerjakan oleh sistem operasi dan menghubungkannya ke hardware untuk melakukan tugas tersebut, kemudian Kembali lagi kepada sistem operasi untuk dihubungkan kepada software dan kemudian dapat sampai kepada user sesuai dengan perintah dari user tersebut.

 

Dengan penjelasan tersebut diketahui bahwa sistem operasi merupakan penghubung antara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware), dan juga hal yang duluan berkerja disaat komputer dinyalakan adalah sistem operasi kemudian barulah program dan aplikasi bisa berjalan.

 

 



Nah itu dia informasi mengenai “Sistem Operasi” yang aku ketahui. Semoga informasi yang telah aku berikan dapat menjadi referensi untuk kalian. Jika adanya kesalahan ataupun kekurangan dalam informasi tersebut mohon di maafkan dan di koreksi. Sekian dulu dari aku, jangan lupa jaga kesehatan dan juga kebersihan, selalu mengikuti protokol kesehatan walaupun sekarang dalam keadaan new normal. Nantikan terus blog – blog aku berikutnya yaa and always be the best of the best, byeee!! 



Bagikan

Jangan lewatkan

Mengenal Sistem Operasi Pada Komputer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.